Senin, 27 Februari 2023

Brake Air System pada unit Motor Grader 825A-2

Air brake system adalah sistem pengereman dari suatu unit. Dengan cara mengubah tekanan angin menjadi gaya dorong hidrolis untuk menekan pad brake atau lining brake. Air brake sistem ini kebanyakan digunakan pada unit alat berat yang menggunakan roda sebagai penggerak, sebagai contoh : motor grader, dump truck, dan lain sebagainya. 


Komponen - komponen pada air brake system antara lain :

Air Compressor

Compressor berfungsi sebagai sumber supply udara yang digunakan di dalam brake system GD825A-2. Udara yang dihisap compressor berasal dari udara luar (Intake Manifold) dan terkompresi oleh pergerakan piston TMB - TMA menuju exhaust valve serta tekanan udara dari air governor sebagai switch / cut out jika tekanan udara di dalam sistem sudah mencapai setting pressure-nya.


Air Governor


Air governor terletak antara wet tank dan compressor serta berfungsi untuk menjaga agar tekanan udara di dalam sirkuit tetap konstan sesuai batas yang ditetapkan.


Air Drier


Air drier berfungsi untuk menghilangkan uap air dari udara bertekanan yang dihasilkan air compressor di dalam brake air system.


Check Valve

Check valve berfungsi untuk mencegah angin dalam tank mengalir balik ke compressor saat compressor tidak bekerja.

Air Tank

Air tank berfungsi untuk menyimpan udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor udara. Tekanan maksimum: 0,93 Mpa (9,5 Kg/cm2) dengan kapasitas 17,5 liter x 2 buah.

Automatic Drain Valve

Automatic drain valve dipasang pada bagian bawah air tank, dan bekerja secara otomatis membuang semua endapan air dan kotoran yang terjadi saat angin menjadi dingin (kondensasi).



Safety Valve

Safety valve dipasang pada air tank dan bekerja sebagai pengaman pada air circuit. Ketika tekanan udara di dalam air tank melebihi 0,93 ± 0,04 Mpa (9,5 ±0,4 kg/cm2), safety valve akan membebaskan udara bertekanan ke atmosfer.



Brake Valve

Brake valve berfungsi untuk membuka aliran udara yang menuju ke disc brake untuk proses pengereman.

Disc Brake


Disc Plate berfungsi untuk proses akhir pengereman dengan pergerakan disc dan plate saling bergesekan saat brake pedal diinjak dan memutus disc dan plate saat brake pedal dilepas.

Share:

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

My Profil

Foto saya
Nama saya Ahmad, saya berasal dari Ngadiluwih Kabupaten Kediri Jawa Timur. Saya suka dengan kegiatan baru yang bermanfaat dan menunjang karir kedepannya.

Follow Me

Total Tayangan Halaman

Labels